Game Engine dan Scene Graph

    


Game Engine adalah system perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol dan sistem operasi seperti Windows, Linux dan Mac OS. Engine bukanlah executable program, artinya engine tidak bisa dijalankan sebagai program yang berdiri sendiri. Diperlukan sebuah program utama sebagai entry point atau titik awal jalannya program. Game engine adalah program yang "memotori" jalannya suatu program game. 

Bentuk dalam game engine banyak macamnya, yaitu sebagai berikut :

  • Ogre 3D
Objected-Oriented Graphics Rendering Engine atau bisa disingkat dengan OGRE merupakan engine yang object oriented & flexible 3D rendering pada game engine yang ditulis dengan menggunakan bahasa C++ serta didesain agar mampu men-developer dengan mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated 3D graphic. Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia objek dan class objek yang lebih tinggi. OGRE hanya digunakan untuk me-render. Dengan kata lain, fitur OGRE hanya khusus menangani vector & matOix classes, memory handling, dan lain lain. Ini bukan lah salah satu dari semua solusi dalam istilah game development/simulasi. OGRE tidak menyediakan audio/physics support.

  • Unity 3D
Unity 3D adalah sebuah game developing software. Dengan software ini, kita bisa membuat game 3D yang seru. Game developer ini sangat mudah digunakan, dengan GUI yang memudahkan kita untuk membuat derta mengedit script untuk menciptakan sebuah game 3D. Selain bisa untuk build game PC, Unity juga dapat digunakan untuk membangun game console seperti Nintendo Wii, PS3, Xbox 360, juga Ipad, Iphone, dan Android. Namun masing-masing membutuhkan biaya lisensinya sendiri. Unity kurang lebih sama dengan Blender game engine, namun unity lebih ringan dan diintegrasi lebih dalam suasana grafik.

  •  GameMaker Studio
GameMaker Studio adalah game creation system yang dikembangkan oleh Mark Overmars dari YoYoGames menggunakan bahasa pemrograman Delphi. GameMaker memungkingkan penggunanya untuk membuat dan mengembangkan game dengan mudah tanpa perlu belahar bahasa pemrograman yang rumit dengan menggunakan interface drag dan drop-nya. Aplikasi ini memang ditujukan untuk pemula yang ingin mempunyai ide dan ingin mengembangkan idenya menjadi game tanpa dibutuhkannya pengalaman programming atau koding.

    Scene Graph adalah suatu komponen penting dalam pengembangan game engine. Scene graph berisi semua hal-hal tentang geometri dan grafik pada suatu game. Scene graph berguna untuk mempresentasikan translasi, rotasi dan pengaturan skala dari suatu objek dengan objek yang lain. Misalnya dalam komponen suatu objek, saat ingin memindahkan komponen tersebut dengan cara merotasikannya, dengan adanya scene graph, kita bisa memindahkan objek tersebut sesuai dengan grafik dan graph untuk memposisikannya dengan benar. Hal itu membuat perhitungan hal-hal seperti itu akan lebih mudah.


Sumber :

https://en.wikipedia.org/wiki/Game_engine
http://haiqal26.blogspot.com/2018/03/mengenal-software-pembuatan-game-3d.html
https://isunps3modz.wordpress.com/2018/04/07/teknologi-game-bisnis-dalam-komputer-dan-3d-engine-scene-graph/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kemajuan Video Kamera pada Smartphone dan Manfaatnya bagi Para Pengguna di Era ini